Fakta Unik dari Sistem Pendidikan di Berbagai Negara

Ketika berbicara mengenai dunia pendidikan, maka tidak akan pernah habis untuk bisa kalian pelajari. Nah, persoalan dari pendidikan sendiri juga masih selalu menarik untuk kalian bicarakan dalam beberapa waktu. Maklum saja, pendidikan ini memang menjadi salah satu hal paling penting bagi sebuah negara. Dimana, kemajuan dari sebuah negara akan terus saja tergantung dari tingkat pendidikan masyarakatnya. Jadinya, jauh semakin tinggi tingkat pendidikan tersebut, maka akan semakin maju juga perkembangan dari suatu negara tersebut. 

Pada era Modern seperti ini, referensi dari seputar dunia pendidikan juga mudah sekali untuk bisa kalian dapat. Untuk saat ini kalian bisa mencari tahu bagaimana perkembangan pendidikan di luar negeri sana. Harapannya dari sebuah referensi ini akan membantu kalian turut adil memperbaiki  adanya kualitas dari pendidikan yang ada di Indonesia ini. Ya semoga saja, harapan bisa cepat terlaksana. 

Nah, di luar negeri sana banyak sudah fakta-fakta menarik serta unik mengenai sistem dari dunia pendidikan. Semuanya bisa langsung menjadi sebuah inspirasi dalam melaksanakan Proses pendidikan yang ada di Indonesia. Seperti apa sih fakta-fakta yang bisa kalian dapatkan ? inilah uraiannya… 

Fakta Sistem Pendidikan di Negara Finlandia 

Jika berbicara langsung mengenai sistem dari pendidikan yang ada di dunia, maka negara Finlandia ini menjadi sebuah negara yang akan sering kali untuk dibicarakan. Jadi, pendidikan yang ada di negara Finlandia ini banyak sudah menjadi sebuah acuan pendidikan di berbagai negara. Sistem pendidikan di Finlandia ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Negara Finlandia sendiri sudah merevolusi adanya pendidikannya 40 tahun lalu dengan sebuah metode pendidikan yang jauh berbeda dari negara-negara Barat pada umumnya. 

Di negara Finlandia sendiri, anak baru boleh masuk ke sekolah ketika memang mereka sudah berusia 7 Tahun. Dan ini tentu saja sangat berbeda sekali dengan yang ada di Indonesia. Nah, kalau di Indonesia sendiri memang sejak usia 3 tahun sudah masuk ke tahapan Preschool, lalu usia mereka menginjak 4 Tahun masuk TK NOL KECIL dan usia 5 Tahun sudah masuk TK NOL BESAR. Walau jika dilihat dari kacamata pendidikan Modern, anak-anak di negara Finlandia ini terlambat sekolah dan justru paling pandai sekali di antara siswa-siswa dari negara yang lainnya. 

Dan negara Finlandia sendiri, tidak memiliki yang namanya sistem Rapor dan menjadikan itu sebagai tolak ukur dari nilai seorang anak tersebut dikatakan Pintar atau tidak. Kalau di negara Indonesia, akan ada Semester dan pra Semester. Selain itu, masih ada siswa siswi juara kelas masuk 10 besar, masuk 5 besar. Akan tetapi, kalian tidak akan melihat sistem itu di negara Finlandia. 

Fakta Sistem Pendidikan di Negara Norwegia 

Selain adanya negara Finlandia, bahwa negara Skandinavia ini dikenal langsung memiliki sistem pendidikan yang baik adalah memang negara Norwegia. Sistem dari dunia pendidikan Norwegia tiap tahun akan menempati posisi 10 besar di dunia dan juga tidak jarang selalu bisa menempati posisi top atau posisi teratas. 

Prestasi ini memang dikarenakan adanya dukungan dari pemerintah norwegia atas sebuah persamaan hal bagi warga negaranya untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang jauh lebih baik lagi, dan tidak pernah membedakan atas latar belakang sosial, budaya , sampai dengan wilayahnya. Semangatnya lagi, sekolah ini menjadi sebuah tempat untuk bisa menimba ilmu juga nantinya akan diharapkan mampu memberikan sebuah kesejahteraan bagi setiap pelajarnya. 

Dan memang dalam setiap sistem pendidikan di Norwegia ini akan ada kewajiban belajar selama 10 tahun dan terdiri langsung dari : (1) Primary – Primer, (2) Lower Secondary – Sekunder, (3) Upper Secondary – Sekunder. Sistem dari pendidikan yang ada di Norwegia ini langsung saja terbagi dalam 3 bagian, dan di antaranya adalah mengenai Pendidikan Dasar & Menengah Pertama, lalu pendidikan Menengah Atas sampai dengan Pendidikan Tinggi. 

Fakta Sistem Pendidikan di Negara Rusia 

Pendidikan di negara Rusia ini sudah disebabkan langsung oleh Negara dan juga sudah diatur sepenuhnya oleh sebuah departemen pendidikan federal. Nah tingkatan pendidikan pun akan jauh lebih memiliki kesamaan dengan negara-negara lainnya dimulai dari tingkat dasar prasekolah sampai dengan tingkat tinggi. Walau demikian, saat ini negara Rusia sudah menjadi salah satu destinasi pendidikan pelajar Internasional. 

INFORMASI BEASISWA RUSIA UNTUK PELAJAR INDONESIA • INDBeasiswa

Rusia juga sudah menjadi salah satu destinasi pendidikan pelajar Internasional dikarenakan banyaknya Beasiswa yang bisa didapatkan disana. Dan selain itu, jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, biaya hidup dan biaya untuk kuliah di negara Rusia ini terbilang jauh lebih murah. 

Dan untuk sistem pendidikan di Rusia sendiri, sebagai tugas dari praktik ini akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebuah pemberian materi di dalam kelas. Dan dalam penilaian pun juga bisa didasarkan pada tingkat pengetahuan dari hasil ujian dan juga bisa melalui seluruh proses belajar, termasuk lagi dalam penentuan kelulusan di Universitas, ditentukannya sendiri dari skripsi dan juga nilai dari seluruhnya. 

Fakta Sistem Pendidikan di Negara Jerman 

Kamu Pasti Bisa Kuliah di Jerman, kalau Kamu Au Pair Dulu! Bener Gak Sih???  - Aupair Jerman

Bagi kebanyakan orang Jerman, sekolah tidak hanya memiliki hubungan langsung dengan akademis yang ada, namun mengenai bagaimana bersosialisasi. Karena itulah, negara Jerman ini melarang dengan sangat untuk Homeschooling dan juga mewajibkan langsung anak usia 6 sampai dengan 15 tahun ini untuk mulai masuk sekolah. Pemerintah Jerman juga sudah menggratiskan masalah biaya Pendidikan, dan dimulainya sejak SD sampai dengan perguruan tinggi. 

Anak-anak yang berada di negara ini, tentu saja akan masuk sekolah sampai sebelum masuk jam makan siang. Ada beberapa sekolah bahkan pulang hingga sore hari, namun kelasnya ini hanya diperuntukan dalam pelajaran yang non Kognitif seperti olahraga atau juga pendidikan seni. Dan disini  Jam Sekolah di Jerman memang jauh lebih singkat dikarenakan, Jerman jauh lebih mementingkan cara belajar yang jauh lebih efisien lagi. 

Fakta Sistem Pendidikan di Negara Jepang

Semua mungkin tahu, Orang Jepang ini sudah sangat terkenal di dunia akan Kecerdasan – Kesopanan – serta adanya Etos Kerja yang sangat baik. Dari sinilah muncul keunggulan terbaik dari negara Jepang tersebut. Dan di negara jepang sendiri, para siswa tidak akan memperoleh ujian apapun hingga mereka bisa mencapai kelas 4 atau berusia sekitar tahun 10 tahun. Dan disini mereka juga meyakini bahwa tujuan dari 3 tahun pertama sekolah bukan untuk menghakimi pengetahuan atau belajar anak, melainkan mereka semua akan jauh lebih fokus pada pembelajaran Sopan Santun dan juga karakter diri. 

10 Ciri Khas dari Sistem Pendidikan di Jepang yang Bikin Banyak Negara  Terkagum-Kagum | Rencanamu

Dan pada sampai di akhir SMA ini, para siswa yang berada di Jepang harus mengambil langsung ujian yang sangat amat penting dalam menentukan masa depan mereka masing-masing. Siswa sendiri bisa memiliki adanya salah satu perguruan tinggi yang memang mereka semua inginkan, tentu saja dengan adanya persyaratan skor tertentu. Jika memang siswa tidak bisa mencapai skor tersebut mungkin saja mereka ini tidak akan mungkin bisa untuk masuk ke dalam perguruan tinggi. Memang pada dasarnya persaingan untuk bisa masuk Universitas di negara Jepang ini sangat amat tinggi dan hanya sebesar 76% di dalam melanjutkan pendidikan setelah SMA tiba. 

Selain itu, masih ada juga sistem pendidikan menurut negara Korea Selatan, Korea Utara dan juga Bangladesh di dalam pendidikan bagi warga negaranya tersebut.