Fakta Unik dari Sistem Pendidikan di Berbagai Negara

Ketika berbicara mengenai dunia pendidikan, maka tidak akan pernah habis untuk bisa kalian pelajari. Nah, persoalan dari pendidikan sendiri juga masih selalu menarik untuk kalian bicarakan dalam beberapa waktu. Maklum saja, pendidikan ini memang menjadi salah satu hal paling penting bagi sebuah negara. Dimana, kemajuan dari sebuah negara akan terus saja tergantung dari tingkat pendidikan masyarakatnya. Jadinya, jauh semakin tinggi tingkat pendidikan tersebut, maka akan semakin maju juga perkembangan dari suatu negara tersebut. 

Pada era Modern seperti ini, referensi dari seputar dunia pendidikan juga mudah sekali untuk bisa kalian dapat. Untuk saat ini kalian bisa mencari tahu bagaimana perkembangan pendidikan di luar negeri sana. Harapannya dari sebuah referensi ini akan membantu kalian turut adil memperbaiki  adanya kualitas dari pendidikan yang ada di Indonesia ini. Ya semoga saja, harapan bisa cepat terlaksana. 

Nah, di luar negeri sana banyak sudah fakta-fakta menarik serta unik mengenai sistem dari dunia pendidikan. Semuanya bisa langsung menjadi sebuah inspirasi dalam melaksanakan Proses pendidikan yang ada di Indonesia. Seperti apa sih fakta-fakta yang bisa kalian dapatkan ? inilah uraiannya… 

Fakta Sistem Pendidikan di Negara Finlandia 

Jika berbicara langsung mengenai sistem dari pendidikan yang ada di dunia, maka negara Finlandia ini menjadi sebuah negara yang akan sering kali untuk dibicarakan. Jadi, pendidikan yang ada di negara Finlandia ini banyak sudah menjadi sebuah acuan pendidikan di berbagai negara. Sistem pendidikan di Finlandia ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Negara Finlandia sendiri sudah merevolusi adanya pendidikannya 40 tahun lalu dengan sebuah metode pendidikan yang jauh berbeda dari negara-negara Barat pada umumnya. 

Di negara Finlandia sendiri, anak baru boleh masuk ke sekolah ketika memang mereka sudah berusia 7 Tahun. Dan ini tentu saja sangat berbeda sekali dengan yang ada di Indonesia. Nah, kalau di Indonesia sendiri memang sejak usia 3 tahun sudah masuk ke tahapan Preschool, lalu usia mereka menginjak 4 Tahun masuk TK NOL KECIL dan usia 5 Tahun sudah masuk TK NOL BESAR. Walau jika dilihat dari kacamata pendidikan Modern, anak-anak di negara Finlandia ini terlambat sekolah dan justru paling pandai sekali di antara siswa-siswa dari negara yang lainnya. 

Dan negara Finlandia sendiri, tidak memiliki yang namanya sistem Rapor dan menjadikan itu sebagai tolak ukur dari nilai seorang anak tersebut dikatakan Pintar atau tidak. Kalau di negara Indonesia, akan ada Semester dan pra Semester. Selain itu, masih ada siswa siswi juara kelas masuk 10 besar, masuk 5 besar. Akan tetapi, kalian tidak akan melihat sistem itu di negara Finlandia. 

Fakta Sistem Pendidikan di Negara Norwegia 

Selain adanya negara Finlandia, bahwa negara Skandinavia ini dikenal langsung memiliki sistem pendidikan yang baik adalah memang negara Norwegia. Sistem dari dunia pendidikan Norwegia tiap tahun akan menempati posisi 10 besar di dunia dan juga tidak jarang selalu bisa menempati posisi top atau posisi teratas. 

Prestasi ini memang dikarenakan adanya dukungan dari pemerintah norwegia atas sebuah persamaan hal bagi warga negaranya untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang jauh lebih baik lagi, dan tidak pernah membedakan atas latar belakang sosial, budaya , sampai dengan wilayahnya. Semangatnya lagi, sekolah ini menjadi sebuah tempat untuk bisa menimba ilmu juga nantinya akan diharapkan mampu memberikan sebuah kesejahteraan bagi setiap pelajarnya. 

Dan memang dalam setiap sistem pendidikan di Norwegia ini akan ada kewajiban belajar selama 10 tahun dan terdiri langsung dari : (1) Primary – Primer, (2) Lower Secondary – Sekunder, (3) Upper Secondary – Sekunder. Sistem dari pendidikan yang ada di Norwegia ini langsung saja terbagi dalam 3 bagian, dan di antaranya adalah mengenai Pendidikan Dasar & Menengah Pertama, lalu pendidikan Menengah Atas sampai dengan Pendidikan Tinggi. 

Fakta Sistem Pendidikan di Negara Rusia 

Pendidikan di negara Rusia ini sudah disebabkan langsung oleh Negara dan juga sudah diatur sepenuhnya oleh sebuah departemen pendidikan federal. Nah tingkatan pendidikan pun akan jauh lebih memiliki kesamaan dengan negara-negara lainnya dimulai dari tingkat dasar prasekolah sampai dengan tingkat tinggi. Walau demikian, saat ini negara Rusia sudah menjadi salah satu destinasi pendidikan pelajar Internasional. 

INFORMASI BEASISWA RUSIA UNTUK PELAJAR INDONESIA • INDBeasiswa

Rusia juga sudah menjadi salah satu destinasi pendidikan pelajar Internasional dikarenakan banyaknya Beasiswa yang bisa didapatkan disana. Dan selain itu, jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, biaya hidup dan biaya untuk kuliah di negara Rusia ini terbilang jauh lebih murah. 

Dan untuk sistem pendidikan di Rusia sendiri, sebagai tugas dari praktik ini akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebuah pemberian materi di dalam kelas. Dan dalam penilaian pun juga bisa didasarkan pada tingkat pengetahuan dari hasil ujian dan juga bisa melalui seluruh proses belajar, termasuk lagi dalam penentuan kelulusan di Universitas, ditentukannya sendiri dari skripsi dan juga nilai dari seluruhnya. 

Fakta Sistem Pendidikan di Negara Jerman 

Kamu Pasti Bisa Kuliah di Jerman, kalau Kamu Au Pair Dulu! Bener Gak Sih???  - Aupair Jerman

Bagi kebanyakan orang Jerman, sekolah tidak hanya memiliki hubungan langsung dengan akademis yang ada, namun mengenai bagaimana bersosialisasi. Karena itulah, negara Jerman ini melarang dengan sangat untuk Homeschooling dan juga mewajibkan langsung anak usia 6 sampai dengan 15 tahun ini untuk mulai masuk sekolah. Pemerintah Jerman juga sudah menggratiskan masalah biaya Pendidikan, dan dimulainya sejak SD sampai dengan perguruan tinggi. 

Anak-anak yang berada di negara ini, tentu saja akan masuk sekolah sampai sebelum masuk jam makan siang. Ada beberapa sekolah bahkan pulang hingga sore hari, namun kelasnya ini hanya diperuntukan dalam pelajaran yang non Kognitif seperti olahraga atau juga pendidikan seni. Dan disini  Jam Sekolah di Jerman memang jauh lebih singkat dikarenakan, Jerman jauh lebih mementingkan cara belajar yang jauh lebih efisien lagi. 

Fakta Sistem Pendidikan di Negara Jepang

Semua mungkin tahu, Orang Jepang ini sudah sangat terkenal di dunia akan Kecerdasan – Kesopanan – serta adanya Etos Kerja yang sangat baik. Dari sinilah muncul keunggulan terbaik dari negara Jepang tersebut. Dan di negara jepang sendiri, para siswa tidak akan memperoleh ujian apapun hingga mereka bisa mencapai kelas 4 atau berusia sekitar tahun 10 tahun. Dan disini mereka juga meyakini bahwa tujuan dari 3 tahun pertama sekolah bukan untuk menghakimi pengetahuan atau belajar anak, melainkan mereka semua akan jauh lebih fokus pada pembelajaran Sopan Santun dan juga karakter diri. 

10 Ciri Khas dari Sistem Pendidikan di Jepang yang Bikin Banyak Negara  Terkagum-Kagum | Rencanamu

Dan pada sampai di akhir SMA ini, para siswa yang berada di Jepang harus mengambil langsung ujian yang sangat amat penting dalam menentukan masa depan mereka masing-masing. Siswa sendiri bisa memiliki adanya salah satu perguruan tinggi yang memang mereka semua inginkan, tentu saja dengan adanya persyaratan skor tertentu. Jika memang siswa tidak bisa mencapai skor tersebut mungkin saja mereka ini tidak akan mungkin bisa untuk masuk ke dalam perguruan tinggi. Memang pada dasarnya persaingan untuk bisa masuk Universitas di negara Jepang ini sangat amat tinggi dan hanya sebesar 76% di dalam melanjutkan pendidikan setelah SMA tiba. 

Selain itu, masih ada juga sistem pendidikan menurut negara Korea Selatan, Korea Utara dan juga Bangladesh di dalam pendidikan bagi warga negaranya tersebut.

Aplikasi Smart Bagi Para Pelajar di Dunia

Dengan era yang sudah serba Modern dan langsung mengandalkan adanya teknologi Smartphone ini, jadinya para pelajar tentu saja bisa merasakan kemudahan dalam melakukan pembelajaran dengan menggunakan Gadget yang mereka miliki seperti halnya PC  atau laptop. Namun untuk teknologi Smartphone ini, menjadi sebuah hal yang sudah tentunya tidak akan bisa lepas dan akan langsung dibawa kemana-kemana oleh para pelajar. Dimulai dari sekolah, rumah atau pusat perbelanjaan. Dimanapun dan kemanapun pastinya smartphone akan ada di genggaman kalian semua. 

Nah selain untuk bisa menelpon, lalu mengirim pesan, mengunggah adanya foto di Instagram, nonton Youtube dan juga menggunakan media sosial lainnya. Tentu saja ini menjadi Smartphone yang langsung dilengkapi dengan menggunakan App Store yakni iOS atau bisa juga dengan menggunakan Google Play yakni Android. Didalamnya sudah pasti berisikan ratusan hingga ribuan aplikasi yang akan berguna langsung bagi kalian para pelajar sekalian. 

Memiliki Smartphone canggih tidak hanya bisa kalian gunakan untuk tempat bermain game-game Mobile Online saja ya. Tetapi, harus bisa sebagai tempat dalam mengedukasi diri kalian ke hal-hal yang positif. Untuk itu, saya mengajak kalian untuk mendownload beberapa aplikasi bagus bagi setiap para pelajar yang ada di dunia. Dengan adanya aplikasi belajar online ini, bisa membuat perkembangan belajar jadi jauh lebih Modern. Yuk cek sekarang juga !

Aplikasi Belajar Bernama iStudiez Pro 

Aplikasi Smartphone yang sudah wajib dimiliki oleh para pelajar tentunya harus saling berkaitan dengan dunia sekolah yang kalian miliki. Sehingga, bagi sebagian pengguna Smartphone tak hanya ajang main-main saja tetapi juga bisa untuk urusan serius seperti pendidikan yang jauh lebih Modern. 

Jika memang dirasa kalian ini adalah tipe yang sangat suka dalam melakukan perencanaan terhadap tugas-tugas sekolah seperti PR, kerja kelompok atau bahkan untuk bisa mengingatkan adanya ulangan. Nah, aplikasi ini hanya ada di dalam App Store yang sudah berguna untuk kalian. Dengan hadirnya Aplikasi ini kalian tidak akan lupa dengan jadwal kalian dalam mengerjakan tugas-tugas kalian secepat mungkin !

Aplikasi Belajar Bernama Scanner Pro 

Selanjutnya aplikasi yang bisa kalian miliki adalah Scanner Pro berhasil memiliki ikatan dengan kemudahan kegiatan sekolah kalian. Ya memang yang namanya mesin Scan ini satu kesatuan yang penting banget. Kertas atau juga foto apapun yang ingin digitalisasi, dan bisa juga dilakukan melalui mesin scan yang ada. Nah umumnya, mesin scan ini sendiri mahal serta bisa ditaruh di rumah atau memang kalian harus ke warung Internet dalam menyewanya. 

Why Scanner Pro Is Way Better Than Your Camera? | by Readdle | Readdle Blog

Aplikasi yang satu ini benar-benar keren karena, berupa sebuah apk android saja yang seketika berubah menjadi mesin scan. Nah, kalian harus bisa tinggal foto saja kertas maupun foto yang memang ingin kalian Scan dan juga Hasilnya akan masuk langsung ke layar Smartphone yang kalian miliki dan akhirnya tinggal kalian print saja lewat Laptop atau Komputer yang kalian miliki. 

Aplikasi Belajar Bernama Duolingo

Jika kalian terhimpit biaya, atau bingung tidak memiliki waktu luang ?tenang saja, disini kami membantu kalian untuk memiliki aplikasi yang bernama Duolingo. Dengan aplikasi ini, maka bisa memudahkan kalian dalam belajar bahasa Asing tanpa perlu repot-repot lagi angkat badan dari kasur kalian. Unduh sekarang juga Duolingo, yang mana ini adalah sebuah aplikasi bagi para pelajar yang memang ingin mempelajari lebih dari 5 bahasa hanya dengan menggunakan satu aplikasi yang gratis saja ya gengs. 

Best apps to learn English, Spanish & other languages (2020)

Kalian bisa langsung mengerjakan banyak tes dalam bahasa yang berbeda, dimulai dari yang mudah hingga sangat sulit di aplikasi. Terlebih lagi, jika memang kalian ingin berkomunikasi dengan adanya orang asing dan bisa jadi ini adalah teman sekolahmu. Aplikasi Duolingo ini benar-benar akan membantu kalian selaku para pelajar menjadi sangat amat mudah. 

Aplikasi Belajar Bernama Studious 

Untuk Aplikasi Smartphone yang wajib sekali dimiliki oleh para pelajar adalah Studios. Pada saat itu lupa untuk mematikan adanya suara di Smartphone ketika sedang memulai pelajaran sedang berlangsung sangat amat kesal bukan ? apalagi ketika memang Smartphone kalian disita karena sudah lupa mengaktifkan Silence Mode yang ada. Jadi jangan sedih ya guys, dengan menggunakan aplikasi ini maka kalian bisa mengatur agar nantinya Smartphone kamu bisa secara otomatis dalam menonaktifkan suaranya agar tidak bunyi tiba-tiba saat pelajaran sedang dimulai. 

Aplikasi Belajar Bernama Self Control 

Jika kalian memang sering kali buka Instagram sehingga bisa lupa mengerjakan tugas ? atau disini kalian terlalu asik bermain permainan online lainnya sehingga enggak bisa belajar buat ulangan besok ? atau bahkan adanya keranjingan bermain bersama teman-teman jadi lupa ada tugas yang tentunya belum selesai. Jadinya kalian tidak perlu Khawatir lagi deh akibat sudah hadir aplikasi Self Control. Disini aplikasinya akan langsung menghitung berapa lama saat sedang menggunakan aplikasi di Smartphone mu. Jika memang sudah terlalu lama, maka aplikasi ini tidak akan bisa dibuka untuk jangka waktu tertentu saja, sehingga kalian bisa konsen lagi dalam belajar dan juga bisa untuk menjauhi adanya Smartphone kalian dari genggaman yang kalian miliki. 

Aplikasi Belajar Bernama Exam Preparation App

Aplikasi ini sendiri memang tidak akan menyediakan langsung pilihan bahasa Indonesia. Namun jika begitu, aplikasi tersebut dapat membantu siswa dari kalangan SD/SMP/SMA/SMK belajar berbagai macam mata pelajaran. Selain itu, untuk aplikasi ini sendiri mampu dalam menyediakan berbagai fitur. Dan fitur-fitur ini sendiri memungkinkan sekali bagi pengguna untuk selalu saja mendapat notifikasi ketika adanya soal baru. Pengguna aplikasi bisa juga berlatih soal yang sudah langsung disediakan oleh aplikasi setiap harinya. Aplikasi ini memang sangat amat optimal, praktis dan gratis. 

Aplikasi Belajar Bernama Quipper School 

Ini menjadi platform sekolah digital tanpa harus menggunakan biaya. Dengan adanya platform tersebut, guru bisa juga mengirim dan mengelola langsung dalam materi pembelajaran, ujian serta nilai siswa secara Online. Sedangkan untuk siswa bisa mengerjakan pekerjaan rumah, tugas dan juga ujian secara online dengan sangat amat mudah. Disini Quipper School menggunakan adanya teknologi manajemen kelas Digital atau Learning Management System. 

Portal Pembelajaran Online untuk Siswa | Quipper School
Untuk aplikasinya juga di pisah ternyata, ada untuk Siswa dan juga guru

Disini siswa sendiri bisa dengan mudah untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan juga tugas secara online melalui peringkat Digital. Dengan kemudahan penggunaan aplikasi yang bisa diakses melalui website utama Quipper diharapkan adanya layanan ini tersedia secara gratis dan bisa membantu pemerintah di dalam menanggulangi dampak dari Wabah Covid-19 pada sektor Pendidikan. 

Aplikasinya sendiri bisa kalian unduh hanya melalui Play Store saja ya gengs. Jika kalian memiliki Hp atau Smartphone iPhone menggunakan website Quipper School dengan Rating Quipper School 3,8 bintang. Dan berarti masih sangat bagus ya gengs.. 

Kalian Tim Guru Zaman Dulu atau Zaman Modern ?

Kalian sebagai tim Progreso pastinya tau dong adanya perbedaan Guru Zaman Dulu dengan Guru Zaman Modern ? semuanya memiliki perbedaan yang sudah terperinci pastinya. Banyak sudah diantara kalian yang hafal dengan beberapa lagu sewaktu masih sekolah seperti : Ibu Kita Kartini, Surat Cinta Untuk Ibu, Mengheningkan Cipta, Indonesia Raya, Kicir-Kicir dan masih banyak lagi yang lainnya. Lagu ini juga banyak dinyanyikan ketika sedang upacara maupun pada saat pelajaran Seni Budaya tiba. Hampir semua orang termasuk kalian nih, merasakan hitsnya lagu tersebut saat duduk di bangku SD, SMP atau SMA. 

Selain itu, guru-guru zaman dulu perilaku atau kebiasaannya akan berbeda jauh dengan guru zaman Modern. Sebagai contoh besar saja untuk guru zaman modern atau zaman sekarang memperbolehkan atau memang mengajak para muridnya mencari sumber lain dengan menggunakan teknologi berupa Handphone Pintar dan jaringan Internet kuat di dalam mencari referensi pembelajarannya. Untuk Guru Zaman dulu ? Mana sempat, perkembangan saja belum canggih dan masih memakai Hp Blackberry atau Nokia. Dan itu hanya beberapa kalangan saja yang mampu pastinya. 

Nah untuk kalian yang ingin melihat perbedaan-perbedaan lainnya antara guru zaman sekarang dengan jaman dulu, intip langsung saja perbedaannya di web yang satu ini … 

Dulu Hanya Guru yang Mengajar, Untuk Sekarang ada Sistem SCL 

SCL – Student Centered Learning menjadi pedoman guru zaman sekarang. Untuk guru di masa lalu cenderung mengarah pada satu arah saja. Guru memang sudah menjadi pusat pembelajaran tanpa aktif melibatkan muridnya. Bahkan lebih lagi ada ungkapan jika ada guru sampai istilah katanya mulut berbusa-busa dapat menjelaskan pelajaran pada murid-muridnya. Seiring dari berjalannya waktu, hari demi hari sudah memakai sistem SCL. Metode tersebut menjadikan murid sebagai pusat dari pembelajaran. Dengan begitu, Murid bisa mendapatkan kesempatan dan juga ruang dalam membangun pengetahuannya tersebut. Dengan memperoleh pemahaman yang sangat mendalam, lalu mengasah adanya kemampuan berorganisasi murid, sampai dengan dapat kesempatan menjadi public speaker di depan kelas. 

Akan tetapi masih ada juga beberapa oknum guru yang kerap sekali menggunakan metode tersebut sebagai sebuah kesempatan untuk bermalas-malasan. Padahal bukan itu yang seharusnya bisa dilakukan. Guru sendiri harusnya tetap menjaga sebuah proses belajarnya, lalu menjadi mediator yang baik dan juga mampu meluruskan apa yang keliru ketika ada murid yang sudah melenceng jauh dari pelajaran tersebut. 

Tegasnya Guru Zaman Dahulu 

Untuk guru-guru zaman dahulu sudah sangat jelas sistem pengajarannya cenderung Keras, entah itu secara verbal maupun adanya tindakan nonverbal yang ada. Saking ringan tangannya, ada penggaris legend yang bentuknya kayu panjang dan besar serta penghapus kapur terbuat dari kayu bisa dengan mudah dan juga hinggap di tubuh siswa. Akan tetapi, tidak sedikit juga orang-orang dulu yang mana mengakui kalau cara tersebut malah cukup ampuh supaya bisa jauh lebih disiplin dan tidak akan melakukan kesalahan lagi. 

Sudah pasti beda banget sama zaman sekarang, menyampaikan adanya nasihat secara halus dan kalau bisa jangan sampai menyakiti perasaan si murid. Beberapa guru memang kadang makan hati, dikarenakan dengan cara tersebut para murid malah bisa mengulang sebuah kesalahannya. Dan memang biasanya nih sewaktu saya menjadi murid, pasti deh keseringan masukin materi di kuping kanan tapi langsung aja dikeluarkan lewat kuping kiri tanpa ada yang disaring lagi wkwkwk. Jika memang dikasari dikit, si murid laporan ke orang tua dan tidak sedikit juga orang tua yang melapor ke polisi karena tindakannya enggak wajar, padahal kalau di tengok zaman dahulu jauh lebih parah ya….. 

Guru Zaman Dulu Kaku, Zaman Modern Bersahabat 

Untuk guru zaman dahulu atau zaman modern sebenarnya sama-sama memiliki wibawa bukan ? hanya saja kebanyakan guru sekarang tertindas dan wibawanya dimainkan oleh para murid.. Namun untuk hal tersebut tidak akan hilang di luar kelas sehingga adanya interaksi antara murid dan juga guru pun sangat amat kaku. Jika kalian ketemu di luar kelas atau sekolah, maka jangan pernah lupa melayangkan Hukum Wajib 3S : Senyum, Sapa, Salam ! jangan salah, dalam hal ini ada sebuah doktrin khusus pemisah mana Murid dan Guru yang dinilai murid tersebut masih menghormati sang guru.

Bisa dibandingkan dengan guru-guru zaman sekarang, mereka akan jauh lebih luwes dibanding dengan murid-muridnya tersebut. Baik itu langsung di dalam kelas sampai dengan di luar kelas. 3S ini memang masih tetap dilakukan sebagai jarak pemisah. Akan tetapi, garis tersebut akan lebih jauh dibanding pada masa lalu. Dan bisa-bisanya guru ini malah melontarkan candaan ketika bersama dengan murid-muridnya tersebut. Layaknya dari sebuah perlakuan teman ke teman gitu dan tidak sedikitnya murid yang suka curhat sama gurunya lho, entah itu tentang kehidupannya Akademis atau Kehidupan dari Non Akademis. 

Guru Zaman Dulu Struggle dan Sekarang Terfasilitasi Teknologi Baru

Jika memang ini menjadi sebuah perbedaan yang paling jelas sangat kentara sih. Zaman dulu, teknologi dari penunjang pembelajaran tidak sebanyak zaman sekarang. Guru yang memang memiliki papan tulis kapur untuk bisa menjelaskan bahan pembelajaran, plus buku yang mana mungkin saja tidak semua murid bisa punya. Dan sekarang kalian bisa lihat sendiri realitanya di sekitar kalian. 

Disini kalian juga bisa memungkinkan dalam merasakan sendiri teknologi-teknologi terbaru yang bisa menjadi media belajar dari Guru-Guru zaman sekarang. Beberapa sekolah saat ini memiliki proyektor yang terkoneksi ke perangkat komputer. Dan kadang-kadang papan tulis kini sudah menggunakan Marker, bukan lagi kapur. Sekarang ada juga guru tidak butuh banyak sekali alat peraga sebab saat ini kita bisa meminta bahan ajaran dari para guru yang sudah langsung berformat pada Power Point yang bergambar. Jadi jangan pernah terlupakan adanya keberadaan Internet sekarang bisa mengerjakan tugas juga bisa kirim Email. 

Guru Zaman Dahulu Lebih Objektif 

Jadi jaman dulu, guru-guru bisa saja dengan mudah memberikan nilai merah di setiap rapor. Bukan hanya subjektif, namun memiliki nilai yang asli. Nah nilai murid ini memang benar-benar asli sesuai dengan kenyataan yang ada dari muridnya. Beda banget dengan guru zaman sekarang mau tidak mau mengisi kolam nilai Rapor dengan nilai minimal yang menjadi sebuah standar, yakni para guru memang biasanya bisa mengisi nilai dengan menggunakan pensil. Jadinya, para murid bisa saja mengambil ujian ulang. 

Disamping itu memang biasanya ada saja kepentingan pihak sekolah supaya nilai-nilai pada muridnya yang bagus. Dengan begitu, kualitas dan juga citra dari sekolah bisa saja tetap terjaga di mata masyarakat dan tidak semua memang tapi ada lah ya yang seperti itu. 

Jadi itu tadi yang benar-benar jelas dalam membedakan adanya perbedaan guru-guru zaman dulu dengan guru-guru zaman sekarang atau modern. Terlebih lagi karena adanya masa New Normal. Anak-anak lebih disodorkan lagi melalui pembelajaran online yang haqiqi. Tidak terasa juga, sudah mau setahun anak-anak yang ada di indonesia dari TK, SD, SMP, SMA/SMK memulai pembelajaran sampai ujian dengan sistem online. 

Prediksi Tren Pendidikan Di Masa New Normal

Aktivitas sekolah yang dilakukan pada masa new normal ini memberikan dampak, bagi perubahan pola pembelajaran antara guru dengan siswa. Saat kita berpikir sebuah sistem dalam sekolah di masa new normal, mungkin yang langsung anda pikirkan adalah pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah salah satu metode yang populer di kalangan pelajar Indonesia saat new normal. Jika berkaca dari sistem sekolah dimasa new normal tersebut mungkin kita akan berpikir jika ini adalah puncak dari pendidikan di masa modern.

Prediksi Tren Pendidikan Di Masa New Normal

Namun, apakah online learning kemudian menjadi satu-satunya tren dalam dunia pendidikan di masa depan? Jawabannya adalah: tidak. Masih terdapat beberapa prediksi tentang tren di dunia pendidikan yang akan datang. Jika kita melihat dari sebuah sistem sekolah di masa new normal ini mungkin dapat menjadi sebuah gambaran, yang menandakan dimulainya transisi menuju era pendidikan baru. Nantinya hal ini akan dapat secara permanen mempengaruhi bagaimana sekolah memberikan sebuah pelajaran kepada murid-muridnya nanti. Lantas, apa sajakah prediksi tren pendidikan yang ada di masa yang akan datang ? Untuk mengetahuinya maka simak ulasanya berikut ini.

Sekolah di Masa New Normal & Hubungan Antar Manusia

Hal ini adalah salah satu hal yang paling penting yang ada dalam pembelajaran di era baru. Hal ini juga nantinya akan membuatnya menjadi efektif, sekolah dimasa new normal menjadi sebuah hal yang harus dilakukan secara dua arah, atau lebih efektif dilakukan bersama guru maupun sesama teman pelajar. Menurut Dr Enio Ohmaye, dari sebuah pengamatan yang dirinya lakukan kepada siswa-siswi yang berusia 5 tahun atau lebih. Biasanya anak-anak cenderung akan memberikan sebuah perhatian lebih dalam kegiatan belajar-mengajar, pada saat ada seseorang yang turut mendampingi mereka saat proses tersebut. Sebaliknya, kebanyakan anak tidak akan peduli ketika nantinya mereka ditinggal sendiri. Uniknya, hal ini juga berlaku kepada orang dewasa.

Fakta tersebut juga membuktikan bahwa pentingnya koneksi antar manusia, yang ada di dalam pendidikan di era new normal. Dimasa mendatang nantinya online learning adalah sebuah hal yang akan identik dengan kemandirian. Sebuah kegiatan yang dilakukan ketika kalian nantinya akan belajar sendiri. Namun, pada nyatanya anda akan tetap memerlukan sebuah komunikasi dengan seseorang untuk membuat kegiatan belajar mengajar nantinya dapat menjadi lebih efektif. Berikut ini adalah beberapa hal yang nantinya bisa anda lakukan untuk meningkatkan konektivitas antar manusia dalam era pendidikan new normal di masa yang akan datang.

Mulailah Berhubungan dengan Orang di Seluruh Dunia

Teknologi yang ada saat ini, dapat menjadi sebuah hal yang dapat kita manfaatkan untuk mempelajari budaya, dan juga untuk dapat terhubung secara langsung dengan semua orang yang ada di dunia. Baik melalui jejaring sosial atau sebuah pertemuan digital. Tidak ada salahnya jika nantinya kita memanfaatkan kemudahan ini sebagai sebuah cara yang digunakan untuk pembelajaran mode baru yang ada di masa depan.

Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

Sekolah juga nantinya harus mengajarkan kepada para muridnya untuk meningkatkan sebuah kewaspadaan di dalam jejaring sosial. Banyak kewaspadaan di jejaring sosial. Banyak murid yang mendapatkan informasi yang salah karena mereka tidak bisa membedakan yang buruk dengan yang tidak. Menurut sebuah penelitian hanya membutuhkan waktu yaitu 7% dari anak sekolah agar dapat membedakan mana situs palsu dan mana situs hoax.

Penelitian ini adalah penelitian yang juga dapat membuktikan bahwa sebanyak 40% orang biasanya hanya akan membaca berita melalui media sosial mereka, dibandingkan mencari informasinya di situs berita terpercaya. Pada saat itulah, pengajar dan juga nantinya orang terdekat para siswa harus hadir untuk mendampingi mereka dalam menjelajah dunia internet. Sebagai seorang pelajar, tentunya hal ini, juga akan menjadi sebuah hal yang sangat penting, untuk menemukan informasi yang akurat di era pendidikan di masa new normal ini.

Merapikan Jadwal Kegiatan

Saat segalanya berpindah ke era digital, nantinya mungkin akan terdapat beberapa kesulitan dalam menentukan agenda kita nantinya. Karena itu, tren sekolah yang ada di masa new normal yaitu ketika kita dapat merapikan berbagai macam jadwal kegiatan kita dan menggunakan waktu istirahat kita dengan sebaik-baiknya.

Pengalaman Belajar

Dalam proses sekolah di masa New Normal, pendekatan kepada setiap murid tentunya juga harus berbeda. Setiap siswa memiliki sebuah kepribadian unik mereka masing-masing. Dan di masa depan dunia pendidikan, seharusnya hal ini menjadi sebuah perhatian lebih. Dengan menggunakan teknologi, menerapkan sebuah sistem pendidikan menjadi sebuah hal yang harus dirancang sesuai dengan kebutuhan setiap murid. Bukanlah hal yang mustahil untuk dapat dilakukan.

Teknologi dapat melakukan berbagai identifikasi mengenai tujuan dalam belajar, preferensi hingga ada dalam tahap perkembangan setiap anak. Walau mungkin nantinya hal ini belum serta merta dapat diterapkan dalam sebuah sistem sekolah yang ada di masa new normal seperti sekarang ini. Namun menjadi sebuah hal yang ada di masa depan, teknologi yang disesuaikan dengan setiap kebutuhan para murid akan menjadi hal yang juga sangat penting. Lalu, seperti apa nantinya sistem pendidikan ini ada di masa depan yang nantinya akan menjadi sebuah hal yang marak digunakan sesuai pengalaman belajar. Berikut ini prediksi tentang pembelajaran di masa yang akan datang.

Learning on Demand

Pada era baru pendidikan, setiap murid nantinya akan dapat memilih jenis pelajaran apa yang nantinya ingin mereka ambil. Hal ini telah dapat dilihat dalam aplikasi pada cara yang digunakan untuk membuat setiap orang dapat memilih apa saja yang mereka ingin pelajari dan lihat.

Menurut sebuah penelitian di Amerika, setiap orang rata-rata nantinya hanya dapat menghabiskan 17 menit dari waktu mereka untuk dapat membaca. Sedangkan pada saat yang sama mereka menghabiskan 5 jam untuk menonton sebuah video. Hal ini nantinya juga akan menjadi pertimbangan bagi banyak sekolah untuk membangun sebuah sistem baru yang juga lebih interaktif.

Hal ini nantinya dapat menjadi pertimbangan bagi banyak sekolah untuk membangun sebuah sistem baru yang lebih interaktif. Dengan cara ini, maka banyak siswa yang dapat yang bisa lebih tertarik untuk memilih topik yang ingin mereka pelajari. Hal ini nantinya juga akan menjadi sebuah hal yang sangat cocok diterapkan di era new normal.

Gamification

Menggunakan sebuah permainan atau menggunakan sebuah game sebagai metode belajar. Terbukti cara ini sangat efektif secara ilmiah. Dengan bermain, beberapa bagian otak akan bekerja dalam saat yang bersamaan. Permainan juga nantinya akan memberikan kita pengalaman dalam membuat sebuah kesalahan yang wajar ditemukan dalam sebuah proses pembelajaran yang dilakukan, dan juga berkembang meningkatkan sebuah kemampuan diri setelahnya.

Demikian itulah beberapa hal tentang sistem pendidikan dimasa new normal. Pendidikan dimasa new normal ini seperti sebuah cara yang digunakan sebagai pintu gerbang memulai pendidikan di masa depan. Dengan pembelajaran yang lebih efisien mengandalkan internet. Namun apakah anda siap dengan sistem pembelajaran di masa yang akan datang ?

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan Modern

Mungkin sekarang ini sudah banyak orang yang mengetahui tentang apa saja manfaat sebuah internet bagi dunia pendidikan, khususnya yang ada di Indonesia. Kemajuan teknologi di zaman sekarang ini, menjadi sebuah hal yang memudahkan. Sekarang ini hampir semua orang berhubungan dengan menggunakan internet. Memang tidak bisa kita dipungkiri, bahwa banyak sekali manfaat yang telah diberikan oleh internet kepada kehidupan manusia. Kehadiran internet ini pun sudah membawa perubahan yang sangat signifikan di segala bidang, yang ada di seluruh penjuru dunia. Saat ini, sudah sangat penting untuk memiliki akses internet. Karena dengan menggunakan internet akan memudahkan kita mengakses banyak fungsi di dalamnya. Mulai dari pekerjaan, hiburan bahkan hingga pendidikan, semuanya menjadi sebuah hal yang bisa memanfaatkan teknologi seperti internet ini.

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan Modern

Dari sebuah sektor pendidikan sendiri, internet menjadi sebuah hal yang sudah banyak digunakan sejak beberapa tahun terakhir ini. Pada saat ini, penggunaan internet yang ada di dalam dunia pendidikan pun menjadi semakin terasa dan mungkin semakin meningkat lagi seiring dengan berjalannya waktu. Banyak juga inovasi-inovasi baru yang sudah diciptakan oleh banyak orang untuk lebih memudahkan proses pembelajaran. Selain proses pembelajaran kira-kira apa saja manfaat internet yang ada di dalam dunia pendidikan ? Yuk kita simak beberapa ulasan tentang manfaat internet.

Pencarian Referensi Menjadi Mudah

Tentu saja untuk kita yang kebingungan mencari sebuah refensi atau sebuah informasi atau juga sebuah literatur. Mungkin internetlah yang menjadi salah satu jalan keluarnya. Internet sangat mempermudah setiap orang dalam proses pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan sebuah kata kunci tertentu, nantinya yang akan kita butuhkan pada mesin pencari (search engine) akan muncul. Bahkan nantinya akan menemukan banyak sekali daftar tulisan yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Namun, dalam hal ini kita yang harus pandai memilah literatur-literatur tersebut, apakah sumbernya sudah cukup bisa dipercaya atau tidak. Jangan hanya karena literaturnya menurut kita sesuai, dengan apa yang dicari kemudian kita bisa langsung mempercayainya begitu saja. Mencari sebuah referensi atau literatur yang tersedia di internet sama halnya, seperti kita yang hendak pergi berbelanja ke sebuah supermarket. Artinya mengharuskan kita untuk memilih serta memilah yang kita dapat.

Menyediakan Fasilitas Multimedia

Internet dalam dunia pendidikan juga sebagai sebuah penyedia fasilitas.
Sebagai penyedia informasi, internet juga memiliki banyak sekali kelebihan daripada buku. Di internet kita dapat membaca, menonton video, mendengarkanatau bahkan juga menonton TV melalui internet. Contoh kecilnya saja adalah seperti situs youtube. Di dalam Youtube ada banyak sekali video-video yang nantinya bisa kita tonton. Mulai dari sebuah hiburan semata sampai dengan beberapa video yang jenisnya serius seperti sebuah tutorial-tutorial yang berguna dan kita butuhkan.

Menyediakan Sumber Informasi yang Relatif Murah

Selanjutnya internet adalah sumber informasi yang murah didapatkan. Seringkali kita membutuhkan sebuah informasi dalam waktu yang cukup cepat, dimana jika harus membeli sebuah buku maka harga yang akan dibayarkan akan sangat mahal, serta memerlukan waktu yang lebih banyak. Dengan menggunakan akses internet, kita nantinya akan dapat memperoleh sebuah informasi tanpa harus membeli sebuah buku atau sebuah literatur tertulis yang lainnya. Dengan begitu kita nantinya akan bisa menghemat waktu dan juga kantong kita sendiri. Ingat, waktu juga adalah uang untuk mendapatkan uang kita harus mempergunakan waktu dengan cara sebaik mungkin.

Menyediakan Sumber Pelajaran Tambahan

Bukan hal yang asing lagi, jika internet juga digunakan dalam pembelajaran tambahan. Melalui jaringan internet, kita nantinya akan dapat mencari sebuah informasi tambahan mengenai materi tertentu yang kita pelajari. Namun materi tersebut adalah sebuah materi yang tidak diperoleh di sekolah atau dalam buku pelajaran. Sehingga pengetahuan kita dengan menggunakan internet nantinya akan lebih luas. Sebagai sebuah contoh, di sekolah guru biasanya hanya akan menjelaskan tentang satu materi saja, dan hanya sebatas pengenalan saja. Nah, dengan menggunakan internet kita bisa menciptakan atau menambah jam belajar kita sendiri. Cara ini juga lebih mudah untuk mendalami materi yang sudah diajarkan sebelumnya. Nantinya dengan internet kita juga akan mendapatkan ilmu tambahan tentang hal yang kita pelajari tersebut.

Memudahkan Komunikasi

Mungkin ini adalah sebuah fitur internet yang paling sering digunakan.
Internet dapat digunakan untuk berkomunikasi, dengan melalui banyak cara. Seperti menggunakan media email, video, konferensi, forum, media sosial dan juga masih banyak lainnya. Hal ini juga nantinya akan dapat memungkinkan kita nantinya untuk dapat menjadikan pendidikan jarak jauh. Banyak ahli yang ada di berbagai bidang yang menyediakan ruang konsultasi di situs pribadi mereka atau juga di beberapa di situs resmi sebuah lembaga. Hal ini bisa digunakan untuk bertanya tentang berbagai macam masalah.

Membantu Pemahaman

Informasi yang biasanya sudah didapatkan dari guru yang ada di sekolah terkadang masih sulit untuk dimengerti atau dibayangkan. Karena objek tidak mungkin dihadirkan dalam proses pembelajaran, karena bentuknya abstrak, terlalu besar atau kecil dan lain sebagainya. Internet adalah sebuah cara yang tepat yang digunakan untuk menambah informasi, yaitu berupa gambar contohnya adalah animasi dan sebagainya yang akan menambahkan tingkat pemahaman.

Mendorong Penguasaan Bahasa Asing

Banyak sekali sebuah informasi penting dan menarik yang sekarang ini tersedia dalam bahasa asing, terutama dalam bahasa Inggris. Hal ini nantinya juga akan memotivasi kita untuk meningkatkan penguasaan diri terhadap bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Agar nantinya kita dapat menyerap semua informasi lebih banyak lagi.

Mendorong Kreativitas

Terdapat berbagai macam hal yang dapat dilakukan orang lain, yang ada di belahan dunia lainya dan hal tersebut bisa kita ketahui dari internet. Hal tersebut nantinya dapat memberikan inspirasi atau mendorong kita nantinya untuk lebih kreatif lagi dalam berkarya.

Menyediakan Pengajaran yang Lebih Menarik

Internet adalah sebuah media yang diketahui menyediakan bentuk pengajaran lebih menarik. Beberapa bentuk pengajaran yang ada dan dilakukan dalam bentuk permainan, kuis, atau puzzle. Hal tersebut nantinya dapat lebih menarik minat belajar siswa, karena sebuah proses belajarnya yang terasa lebih menyenangkan.

Mendorong Kemandirian

Orang yang menggunakan internet, mereka biasanya cenderung dapat lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi yang dibutuhkan. Karena dengan menggunakan jaringan internet kita dapat menemukan banyak sekali sumber untuk informasi yang nantinya kita butuhkan.

Internet Perpustakaan Online

Bentuk khusus dari internet yaitu sebagai gudang informasi adalah tersedianya sebuah perpustakaan online, berupa kumpulan dari situs-situs web dari perpustakaan kelas dunia. Di situs ini, nantinya kita dapat membaca buku secara online maupun juga secara offline. Didalam perpustakaan online ini juga biasanya akan menyediakan berbagai macam jenis buku, mulai dari ensiklopedia, novel, pelajaran, teknologi, komik dan lain sebagainya.

Demikian itulah beberapa manfaat internet yang ada bagi dunia pendidikan. Internet memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, di dalam semua bidang. Terutama dalam bidang pendidikan moderen, dimana semuanya dimudahkan berkat adanya internet.